Onah Lasmanah

Published by: kickandy
Onah Lasmanah adalah anak petani. Tahun 1974, sewaktu sekolah SD ia pernah menggantikan posisi asahnya di kelompok tani, dan mengikuti latihan konservasi. Namun ia tak bisa menjadi anggota kelompok tani tersebut karena kelompok tersebut khusus bagi kaum lelaki.

Tahun 1977 ia membangun kelompok tani khusus perempuan yang ia beri nama Harum Sari Manis. Dari pelajaran sekolah, ia mengaku mendapat pengetahuan tentang ilmu kehutanan dan menerapkannya dalam kelompok ini. “Saya menerapkan system integrasi , yakni di bagian atas hutan menanam kayu, dibawahnya tanaman perkebunan, lalu tanaman hortikultura, dibawahnya lagi lumbung hidup pertanian, dan paling bawah tanaman farmasi untuk obat-obatan,� ujarnya saat tampil di Kick Andy.

Onah juga sempat dianggap gila, karena pernah menaruh sejumlah dedaunan kering yang sedang diproses menjadi bahan herbal di kamarnya. Tapi kini, masyarakat malahikut tergerak untuk mengolah tanaman obat menjadi jamu tradisional.

Kini kelompok tani yang didirikan Onah itu sudah bisa memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian penduduk dan juga kelestarian alam.

Category: